Sekarang banyak sekali yang ingin membuka usaha mualai dari ingin membuka kios, berternak dan sebagainnya, tapi masih ada diantara mereka yang ingin mendirikan usaha ragu karena modal yang ada tidak seberapa. Sebenarnya urusan modal belakangan yang paling penting itu produk kita yang menjual dan promosi yang bisa merekrut banyak pembeli, modal kita bisa meminjam uang di bank atau koperasi.

Sebenarnya modal yang paling penting adalah ilmu dan keberanian dalam memulai bisnis, dan sebelum memulai bisnis kita harus menyusun bagaimana mendapatkan costumer, bagaimana nanti marketingnya, dan bagaimana cara agar ada peningkatan profit. Sebenarnya ada juga loh bisnis yang bisa kamu coba tanpa adanya modal uang seperti yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya.

Oiya di artikel lainnya juga saya sudah siapkan untuk kamu yang mau memulai usaha seperti pembahasan Ide StartUp Yang Belum Ada, Jualan Dengan Omset Ratusan Juta, dan masih banyak lagi. Yu langsung ke pembahasan Usaha Besar Dengan Modal Dibawah 5 Juta.

  • Usaha dengan modal dibawah 5 juta yang pertama adalah usaha konter pulsa dan penjualan asesoris HP. Pulsa, paket data, dan sebagainya yang biasa dijual di konter pulsa adalah sesuatu yang banyak dibutuhkan banyak orang. Di konter HP kamu tidak hanya bisa jualan pulsa dan paket data saja tapi juga bisa jualan asesoris hp, jualan charger dan sebagainya juga bisa membuka  jasa pembayaran PDAM, PLN, saldo ojek online dan sebagainya. Jika kamu mendirikan usaha ini uang 5 juta masih lebih kecuali jika kamu menyewa kios maka sepertinya modal 5 juta akan kurang. Kamu bisa membuka konter di depan rumah agar modal yang dikeluarkan lebih sedikit.
  • Usaha laundry, ini adalah usaha dengan modal dibawah 5 juta yang saya sarnkan selain usaha di atas, karena pekerjaan yang cukup mudah dan peluang yang cukup besar. Tapi dengan kemudahan dan peluang yang besar itu kamu akan memiliki banyak saingan, kecuali di daerahmu belum ada jasa laundry. Jika kamu punya uang 5 juta dan ingin membuka usaha tersebut akan cukup sekali, modal tersebut digunakan untu membeli mesin cuci, pewangi, setrika akan sangat cukup.
  • Penyewaan alat outdoor, sekarang semakin banyak orang yang suka atau hobi mendaki gunung dan camping, penyewaan alat outdoor sangat dibutuhkan banyak penghobi tersebut karena mereka belum memiliki alat alat outdoor sendiri. Peluang besar itu sangat pas untuk kamu yang sedang mencari usaha di bawah 5 juta. Kamu cukup membeli alat alat yang sering dipakai pendaki seperti tenda, tas gunung, dan alat masak, untuk harga penyewaannya kamu bisa sesuaikan di daerahmu, jika di daerahmu sudah ada tempat penyewaan alat alat gunung kam bisa survey harga di tempat tersebut atau tanya ke teman kamu yang pernah sewa alat gunung.
  • Jasa pembuatan website, website di jaman serba canggih saat ini sangat penting, selain untuk mengenalkan sesuatu lewat internet website juga bisa menjadi media penjualan, terlebih sekarang masyarakat Indonesia lebih suka belanja online. Kamu yang bisa membuat website sebaiknya membuka jasa oembuatan website, modal 5 juta akan lebih banyak karena modal yang harus kamu keluarkan hanya untuk membeli script, membayar teman kamu yang membantu dan marketing saja, dan keuntungannya mulau dari Rp400.000 sampai puluhan juta perprojeknya.
  • Membuka kios travel, apakah usaha travel termasuk ke dalam usaha dengan modal di bawah 5 juta? iya, kamu tidak perlu punya bus, tidak perlu punya modal ratusan juta seperti yang sudah saya bahas di Membuka Usaha Travel Tanpa Modal. Silahka dibaca yaa jika kamu ingin mendirikan usaha travel tanpa modal.
  • Menjadi fotografer, modal untuk menjadi fotografer sebenarnya tidak banyak, kamu bisa membeli kamera dengan harga 4 jutaan dan flash eksternal ngga nyampe 1 juta, untuk ilmu ilmunya atau teknik teknik fotografi kamu bisa belajar secara otodidak atau minta diajarkan oleh fotografer yang kamu kenal, jasa fotografer juga cukup untuk makan sebulan dalam sekali motret, harga jasa foto berbeda beda mulai dari Rp400.000 sampai 6 juta bahkan lebih.
Sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, selamat menjalankan bisnis! semoga bisnismu semakin berkembang dan memiliki profit yang besar. Yuk baca artikel bisnis lainnya dan tinggalkan komentar yaa. Terima Kasih.

Post a Comment